Samstag, 14. Januar 2017

Super cold, super snow di awal 2017



­čść­čść
danau Wallersee yang ketutup es dan salju

Musim dingin identik dengan  salju  dan temperatur yang bikin mengigil sebetulnya untuk yang tinggal di Austria sudah bukan hal yang baru atau spesial. Tapi entah karena global warning atau alasan lain, wilayah yang letaknya dibawah 1000m a.s.l sekarang ini di Austria, hujan salju dan temperatur super rendah bukan hal yg otomatis lagi, at least 17 thn terakhir selama saya tinggal disini, kebetulan saya tinggal di kota yg letaknya cuma 550m a.s.l. 



 bangku di pinggir danau
Jadi saya semakin excited begitu liat ramalan cuaca di awal bulan Januari ini.. yuhuu.. salju.. temperatur sampe minus 19C, brrr..brrrr..Saya ngga bisa bayangin tentu aja gimana rasanya temperatur serendah itu, belum pernah ngalamin sih hehehe..

Dan memang ramalan cuaca disini seringnya tepat, mulai tanggal 4 Januari, salju turun cukup banyak, bahkan tanggal 5 Januari saya jalan kaki ke kampung sebelah yang jaraknya sekitar 8km disaat hujan salju. Tentang jalan kaki ini akan saya ceritakan di post terpisah.





gulungan jerami, iya di kota kecil tempat saya tinggal masih ada beberapa petani sapi perah dan jerami ini sumber makanan meaeka selama winter






Tentunya yang pengen saya rasain ya gimana  berada di luar rumah dalam temperatur dibawah minus 6C, karena siang hari   yg saya alami selama musim dingin disini, jarang sekali lebih rendah dari itu.
Pas tanggal merah 6 Januari, cuaca cerah dan temperatur siang hari mencapai minus 9C, yang saya tunggu akhrinya dateng juga hahaha..








route favorite kalo jalan Kaki keliling kampung hehehe


Setelah sarapan yang cukup telat hehehe, udah siang baru selesai, saya keluar rumah untuk jalan kaki keliling kota Seekirchen yg kecil ini. Dari rumah lewatin stasiun kereta, ke arah danau Wallersee, berhenti sejenak disana, saya liat karena ada Team water rescue lagi latihan di danau. Sayangnya pas saya sampai danau mereka selesai latihan. Air di danau memang sudah membeku tapi masih tipis lapisan esnya jadi belum boleh untuk diinjak atau untuk aktivitas yang lain seperti ice skating.


tempat parkir boat dengan" boat house" nya
Dari danau lalu jalan menuju boat house, salah satu spot favorite untuk motiv foto saya..hehehe, ternyata jalan kesini dengan salju yg tebel agak susah hahaha, keliatan kalo saya orang pertama di hari itu yang jalan kesini, ngga ada jejak kaki lain..hehehe 





padang rumput yg jadi padang salju

Dari boat house route yang saya ambil untuk menuju ke arah balik pulang  adalah route khusus pejalan kaki/pengendara sepeda.  Terus terang saya kurang suka jalan Kaki kalo route berangkat dan pulangnya sama hahaha, jd selalu milih route "lingkaran".
Matahari yang sudah mulai rendah posisinya membuat suasana jadi agak gimana gitu, cahayanya bagus banget, kalo back light gitu seperti Foto diatas.






sungai Fischach Yang bermuara ke danau Wallersee


Spot diatas adalah foto terakhir Yang saya jepret dari jalan mengelilingi kampung hari itu. Total sekitar 5,5km jalan hari itu dan kesimpulannya ternyata jalan di minus 9 dengan cuaca cerah dan tanpa angin itu menyenangkan, ngga berasa lebih dingin dibanding minus 6 kok. Udah ngga penasaran sekarang gimana rasanya berada di luar di minus 9C hehehe..

Sampai ketemu lagi di cerita yg lain..
Salam dari Seekirchen, Salzburg.