Sonntag, 28. August 2016


Ketika males ke dapur, tapi pengen makan enak dan sehat..              




Saya tidak termasuk perempuan yang seneng menghabiskan waktu berjam-jam berkutek di dapur untuk membuat satu menu (atau beberapa menu). Dan menurut saya menu masakan Indonesia termasuk ribet, dari mulai nyiapin bumbunya yang beraneka macem sampe motong-motong bahannya, plus waktu memasaknya. Mangka dari itu saya jaraaanng sekali masak menu makanan Indonesia. Tapi bukan berarti saya tidak suka masak, apalagi ngga doyan masakan Indonesia, saya cuma tidak suka masak masakan yang butuh waktu lama alias bikin repot hehehe.. Sekali-sekali "repot" sih ok, kalo lagi kangeeenn banget masakan Indonesia ya bikin juga, daripada ileran hehehe..

Untungnya saya dan suami termasuk orang yang sangat gampang dalam soal makan, artinya saya sebagai orang Indonesia tidak harus makan nasi tiap hari, dan dia "orang bule" tidak harus makan kentang atau roti tiap hari. Kami berdua punya kesukaan yang sama yaitu makan menu yang "light" dan praktis. Sayur atau salad harus ada di meja makan tiap kali kami makan, dimusim panas bahkan seringnya salad dijadikan menu utama, tanpa ada embel-embel tambahan lain tetapi tentunya salad sebagai menu utama bahannya agak berbeda dengan salad yang hanya sebagai pelengkap.

Beberapa hari lalu saya membuat menu yang keliatannya mewah dan komplit karena terdiri dari 3 jenis masakan yaitu: kentang panggang, paha (bagian atas) kalkun panggang dan salad, padahal itu menu saya kalo lagi kepepet ngga tau masak apa dan bener-bener ngga mood ke dapur..

Mau tau rahasia kenapa 3 menu itu gampang dan ngga ribet? Kentang dan paha kalkun panggang dibumbuin dengan bumbu yang hampir sama dan cukup masuk ke oven tanpa harus di tongkrongin di dapur. Salad dibuat pada saat yang di oven sudah hampir matang, atau saat oven sudah dimatikan. Gampang kan?

Paha Kalkun Panggang
1 paha kalkun bagian atas, lap bersih, kerat-kerat kulitnya. Letakan di pinggan tahan panas yang ada tutupnya. Beri bumbu lada hitam yg baru digiling, garam, bawang putih bubuk, thyme kering, rosmari kering. Pijet2 daging kalkun, supaya bumbu meresap. Diamkan kurang lebih 30 menit. Sebelum dimasukin ke oven tambahkan beberapa potongan butter. Tutup pinggan tahan panas dengan alufoil (kalau pinggannya ngga ada tutupnya). Masak hingga matang, sebelum diangkat supaya kulitnya crispy, buka wadahnya dan lanjutan panggang beberapa menit hingga kulitnya kecoklatan. Karena suami saya suka bawang bombay, jd saya kasih juga bawang bombang yg bibelah dua disini.





Kentang Panggang
Cuci bersih kentang, belah 2 atau 4 tergantug besarnya. Taruh di pinggan tahan panas. Taburin bumbu yang sama dengan kalkun cuma bedanya terakhir taburin paprika bubuk dan beberapa tetesan minyak olive. Kentang ini ngga butuh waktu lama untuk dipanggang, kurleb 30 menit, jadi kalo si kallkun dah 1/2 mateng, masukan kentang ke oven, tutup dengan alufoil ya, nanti kl dah mo mateng baru dibuka  dan panggang beberapa menit. Sama prosesnya seperti si kalkun.

kentang yang siap dimasukin ke oven


kentang siap disantap 


Summer salads
Kalau ini simple banget, variasi sayurannya sesuai selera. Saya selalu punya tomat, timun, daun salad. Itu basic salad saya.  Di foto ini saya kebetulan punya avocado dan keju yunani yang seperti tahu bisa dipotong, cocok juga untuk salad ini. Pokoknya jangan takut, ngga ada yg salah dalam membuat salad..hehehe Marinadenya cuma lada hitam, garam, sedikit gula, cuka apel dan olive oil. Bumbu segar seperti daun chives, parsley, basil dan potongan bawang bombay juga jadi penambah aroma.

Salads yang seger dan sehat


Selesai makan malam yang tersisa dari menu diatas cuma kentangnya aja..
Semoga bermanfaat dan boleh juga dong share resep dan trik gampang kalian.

Salam hangat!
Dian


Keine Kommentare:

Kommentar veröffentlichen