Montag, 19. September 2016

Perkedel Tahu



Setelah 10 hari nginep di rumah sakit, rasanya cuma satu yang ada dikepala : 
MAKAN MASAKAN INDONESIA atau at least yang berbau2 asia/indonesia, ngga mesti nasi komplit atau sejenisnya, Indomie juga sebetulnya udah cukup hahahaha. Eh, dilalah buka lemari kok masih ada 1 bungkus Indomie yang saya beli waktu di Berlin. Dalam hati: Alhamdulillah, terpenuhi rasa kangen "bau" asia hahaha. 

Berhubung kekuatan dan gerak saya masih agak terbatas jadi saya ngga bisa masak yang ribet2, setelah Indomie abis, saya buka isi kulkas untuk ngira2 apa yang gampang disulap jadi makanan lezat. Taraaa, udah bisa ditebak deh kalo pilihan jatuh ke bakso, salah satu makanan favorit saya yang selalu pas dimana saja kapan saja..hehehe


bakso dengan bihun, tomat dan irisan daun kol, enaaakkk..

Bikin bakso kuah gini kan gampang aja, pasti semua penggemar makanan ini udah tau deh, ya ngga?. Saya selalu punya persediaan bakso buatan sendiri di freezer, juga daging untuk kuahnya, jadi tinggal defrost aja. Bumbunya cukup bawang merah dan putih yg dicincang halus lalu ditumis hingga harum tambahin lada yg fresh tumbuk dan garam, beri air secukupnya, masak daging dengan api kecil hingga empuk dan harum. Tambahan irisan daun bawang dan seledri makin bikin kuah bakso ini makyoss.. Oh ya saya makan mie kuah bakso ini 3 hari hahahha, tiap kali mau makan cukup iris tomat, daun kol, daun bawang n seledri unutk taburannya, praktis dan bikin hepi..:-)

Tapi sebetulnya yang mau saya bagi resep adalah perkedel tahu nih. Terinspirasi dari postingan Alex di Facebook, saya coba perkedel tahu dengan daun kunyit segar, yg kebetulan lagi ada di pot dan udah melambai-lambai minta dipanen..hehehe



Untung masih ada 1 bungkus tahu putih yang juga harus di olah sebelum masa kadaluarsanya lewat.

Bahan yang dibutuhkan untuk 10 buah perkedel tahu seperti di foto ini :


400 g tahu putih
1 butir telur
1 sdm tepung terigu
2 siung bawang putih ukuran besar, cincang halus
3 siung bawang merah ukuran besar, cincang halus
1 sdt ketumbar, sangrai, haluskan
1/2 sdt lada hitam, sangrai haluskan
masing-masing 1 sdm irisan halus daun kunyit, daun jeruk dan daun chives (alternativ daun bawang)
4 sdm minyak sayur
garam sesuai selera




Cara membuat:
1. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan 1 sdm minyak hingga lemes, sisihkan.
2. Remas-remas tahu dengan tangan hingga hancur.
3. Kocok telur sebentar saja hingga putih dan kuning menyatu.
4. Masukkan semua bumbu beserta daun-daun dan telur kedalam tahu yang sudah diremas tadi, campur rata. tes rasa dan masukkan juga tepung terigu.
5. Bentuk perkedel sesuai selera.
6. Goreng perkedel dengan sisa minyak diatas teflon sampe kuning keemasan.




Selamat mencoba dan salam hangat dari Salzburg,
Dian

Kommentare: